5 Facts About Breast

Bagi perempuan, payudara adalah aset yang harus dijaga kesehatan dan keindahannya. Inilah lima fakta tentang aset tersebut.

1. Punya siklus bulanan
    Seminggu sebelum dan selama haid berlangsung, hormon progesteron yang berlebihan akan membuat payudara membesar, tidak rata, dan terasa sakit. Sehari setelah haid, jaringan payudara akan lebih lembut.

2. Bisa keriput
    Baju renang tipis hanya bisa menghalangi sinar matahari dengan kadar SPF 5 atau 7. Olesi krim yang mengandung SPF 15 ditambah UVA dan UVB saat renang. Tanpa perlindungan cukup, payudara bisa keriput dan timbul bintik-bintik cokelat.

3. Hindari posisi tidur tengkurap
    Posisi tidur tengkurap memang tak akan membuat payudara Anda mengempis, tapi bentuknya menjadi tidak sempurna. Demi kenyamanan dan bentuk payudara tidak berubah, kenakan bra yang nyaman dipakai saat tidur. Hindra bra berkawat.

4. Lebih besar kanan
    Payudara sebelah kanan biasanya lebih besar dari kiri. Hal ini dikarenakan payudara kanan mempunyai banyak jaringan ketimbang saudara kembarnya.

5. Punya area T
    Area di atas dan sela payudara dipenuhi kelenjar minyak. Minyak yang berlebihan menimbulkan bintik hitam dan jerawat. Untuk itu, bersihkan area T setiap hari dengan bedak atau pelembab antibakteri.
(cHIC, Kompas,Selasa, 13 Mei 2008)