Seputar Menstruasi Yang Perlu Anda Ketahui

Menstruasi adalah pendarahan bulanan wanita. Bila terjadi menstruasi, artinya rahim telah siap untuk dibuahi.. Darah menstruasi mengalir dari rahim melalui lubang kecil di leher rahim dan melewati keluar dari tubuh melalui Vagina . Kebanyakan periode menstruasi terakhir dari 3 sampai 5 hari.

Apakah siklus menstruasi?

Ketika periode (menstruasi) datang secara teratur, ini disebut siklus menstruasi. Siklus menstruasi yang teratur merupakan tanda bahwa bagian-bagian penting dari tubuh bekerja secara normal. Siklus menstruasi menyediakan bahan kimia tubuh yang penting, yang disebut hormon, untuk membuat tubuh sehat. Hal ini juga mempersiapkan tubuh untuk kehamilan setiap bulan. Sebuah siklus dihitung dari hari pertama periode 1 untuk hari pertama periode berikutnya. Siklus menstruasi rata-rata adalah 28 hari panjang. Siklus dapat berkisar dari 21 sampai 35 hari pada orang dewasa dan dari 21 sampai 45 hari di remaja muda.

Naik turunnya kadar hormon selama sebulan mengontrol siklus menstruasi.

Apa yang terjadi selama siklus menstruasi?

Pada pertengahan pertama dari siklus, tingkat estrogen ( “hormon “) mulai bangkit. Estrogen memainkan peran penting dalam menjaga kesehaant, terutama dengan pembentukan tulang yang kuat dan untuk posisi tubuh kuat seiring bertambahnya usia. Estrogen juga membuat lapisan rahim (rahim) tumbuh dan menebal. Ini lapisan rahim adalah tempat yang akan memelihara embrio jika terjadi kehamilan. Pada saat yang sama lapisan rahim berkembang, telur, atau sel telur, di salah satu indung telur mulai matang. Pada sekitar hari ke-14 dari siklus 28-hari rata-rata, telur meninggalkan ovarium. Ini disebut ovulasi.

Setelah telur telah meninggalkan ovarium, ia bergerak melewati tuba fallopi ke rahim. Kadar hormon meningkat dan membantu mempersiapkan lapisan rahim untuk kehamilan. Seorang wanita yang paling mungkin untuk hamil selama 3 hari sebelum atau pada hari ovulasi. Perlu diingat, wanita dengan siklus yang lebih pendek atau lebih lama dari rata-rata mungkin ovulasi sebelum atau setelah hari ke-14.

Seorang wanita menjadi hamil jika sel telur dibuahi oleh sel sperma pria dan menempel pada dinding rahim. Jika telur tidak dibuahi, ia akan pecah. Kemudian, tingkat hormon turun, dan lapisan rahim menebal adalah dinding rahim selama periode menstruasi.

Apa yang dimaksud dengan periode menstruasii?

Selama masa menstruasi , lapisan rahim menebal dan darah akan runtuh mmengalir keluar melalui vagina. Periode bulanan tidak sama pada setiap bulan. Ini juga berbeda dari periode wanita lainnya. Periode dapat ringan, sedang, atau berat dalam hal berapa banyak darah keluar dari vagina. Ini disebut menstruasi. Panjang periode juga bervariasi. Terakhir dari 3 sampai 5 hari Paling periode. Tapi, mana saja dari 2 sampai 7 hari adalah normal.

Selama beberapa tahun pertama setelah menstruasi dimulai, siklus lama yang umum. Siklus seorang wanita cenderung secara perlahan –lahan menjadi lebih teratur dengan bertambah usia. Sebagian besar waktu, berada pada masa di kisaran 21 sampai 35 hari .

Apa jenis masalah menstruasi ?
  • Masalah pada saat menstruasi , tidak sama pada setiap wanita . Ada yang mengalami nyeri perut pendarahan banyak , tapi semua ini bisa diatasi ,dan bukan jadi masa yang sulit.
  • Amenore – kurangnya periode menstruasi. Istilah ini digunakan mendeskripsikan ketiadaan suatu periode dengan melakukan:
  • Wanita muda yang belum menstruasi pada usia 15
  • Anak perempuan yang belum memiliki periode selama 90 hari, bahkan jika mereka belum lama menstruasi
Penyebab dapat termasuk:
  •     Kehamilan
  •     Menyusui
  •     Perubahan berat badan yang ekstrim
  •     Gangguan makan
  •     Olahraga berlebihan
Kondisi yang membutuhkan pengobatan

Ketika siklus menstruasi menjadi teratur, ini berarti bahwa bagian-bagian penting dari tubuh bekerja secara normal. Dalam beberapa kasus, tidak memiliki periode menstruasi dapat berarti bahwa ovarium telah berhenti memproduksi jumlah normal estrogen. Hilang hormon memiliki efek penting pada kesehatan secara keseluruhan. Masalah hormonal, seperti yang disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau masalah serius dengan organ reproduksi, mungkin terlibat. Sangat penting untuk konsultasi dengan dokter jika ada masalah ini.

Dismenore – periode yang menyakitkan, termasuk kram parah. Kram menstruasi pada remaja disebabkan oleh terlalu banyak bahan kimia yang disebut prostaglandin (pro-tuh-GLAN-duhn). Kebanyakan remaja dengan dismenore tidak memiliki penyakit serius, meskipun bisa kram parah. Pada wanita lebih tua, nyeri ini kadang-kadang disebabkan oleh penyakit atau kondisi seperti fibroid rahim atau endometriosis . Untuk beberapa wanita, menggunakan bantal pemanas atau mengambil air hangat mandi membantu meringankan kram . Beberapa obat juga bisa digunakan.
  • Ibuprofen (mata-BYU-PROH-fuhn) (misalnya, Advil, Motrin, Midol kram)
  • Ketoprofen (kunci-toh-PROH-fuhn) (misalnya, Orudis KT)
  • Naproxen (ti-PROK-suhn) (misalnya, Aleve)
Jika obat-obat ini tidak menghilangkan rasa sakit atau rasa sakit mengganggu pekerjaan atau sekolah, Maka perlu anjuran dari dokter. Pengobatan tergantung pada apa yang menyebabkan masalah dan seberapa parah itu.
  •  Abnormal rahim perdarahan – perdarahan vagina yang berbeda dari periode menstruasi normal.
  •  Pendarahan di antara periode
  •  Pendarahan setelah berhubungan seks
  •  Belum waktu siklus menstruasi
  •   Banyaknya pendarahan atau lebih dari biasanya
Perdarahan setelah menopause

Perdarahan abnormal memiliki banyak penyebab. Dokter mungkin mulai dengan memeriksa masalah yang paling umum dalam grup usia . Beberapa hal tidak parah dan mudah untuk mengobati. Bila ada kelainan yang jadi lebih parah. Pengobatan untuk perdarahan abnormal tergantung pada penyebabnya. Dalam kedua remaja dan wanita mendekati menopause, perubahan hormon menyebabkan waktu yang lama bersama dengan siklus tidak teratur. Bahkan jika penyebabnya adalah perubahan hormonal, Mungkin perlu  mendapatkan pengobatan. Harus diingat bahwa perubahan ini dapat terjadi dengan masalah kesehatan serius, seperti fibroid rahim, polip, atau bahkan kanker

Bilamana Menstruasi di mulai

Di Amerika Serikat, usia rata-rata untuk seorang gadis untuk mendapatkan menstruasi pertamanya adalah 12. Ini tidak berarti bahwa semua anak perempuan dimulai pada usia yang sama. Seorang gadis bisa mulai kapan saja periodenya antara usia 8 dan 15. Sebagian besar waktu, periode pertama dimulai sekitar 2 tahun setelah payudara pertama mulai berkembang. Jika seorang gadis tidak memiliki periode pertama pada usia 15, atau jika sudah lebih dari 2 sampai 3 tahun sejak pertumbuhan payudara dimulai, ia harus ke dokter.

Berapa lama menstruasi seorang wanita ?

Wanita biasanya memiliki periode sampai menopause . Menopause terjadi antara usia 45 dan 55, biasanya sekitar usia 50. Menopause berarti bahwa seorang wanita tidak lagi berovulasi (menghasilkan telur) atau jangka dan tidak dapat lagi hamil. Seperti menstruasi, menopause dapat bervariasi dari wanita dengan wanita dan perubahan ini dapat terjadi selama beberapa tahun.

Waktu ketika tubuh mulai memasuki ke menopause disebut transisi menopause. Hal ini dapat berlangsung dari 2 sampai 8 tahun. Beberapa wanita memiliki menopause dini karena pengangkatan rahim, pembedahan atau perawatan lainnya, penyakit, atau alasan lain. Jika tidak memiliki periode selama 90 hari, maka perlu memeriksa  kedokter . Ia akan memeriksa kehamilan, menopause dini, atau masalah kesehatan lainnya yang dapat menyebabkan menstruasi untuk menghentikan atau menjadi tidak teratur.

Kapan saya harus menemui dokter tentang  bila ada masalah pada menstruasi  saya?
  • Belum menstruasi pada usia 15.
  • Belum menstruasi dalam waktu 3 tahun setelah pertumbuhan payudara dimulai, atau jika belum payudara mulai tumbuh pada usia 13.
  • Menstruasi tiba-tiba berhenti untuk lebih dari 90 hari.
  • Menstruasi tidak beraturan setelah memiliki rutin, siklus bulanan.
  • Menstruasi terjadi lebih sering daripada setiap 21 hari atau kurang sering daripada setiap 35 hari.
  • Pendarahan selama lebih dari 7 hari.
  • Perdarahan lebih banyak dari biasanya atau menggunakan lebih dari 1 pad atau  pembalut setiap 1 sampai 2 jam.
  • Pendarahan antara periode.
  • Adanya rasa sakit parah selama haid.
  •  Tiba-tiba mengalami demam dan merasa sakit setelah menggunakan  pembalut.