Kok Keluar Gas dari Miss V?


Saya seorang gadis berusia 22 tahun. Saat usia 15 tahun, saya pernah memasukkan jari ke dalam Miss V sebanyak 3 kali. Sepertinya sejak itu saya merasa organ intim saya ini menjadi sering mengeluarkan udara seperti buang gas atau kentut (maaf).

Yang ingin saya tanyakan, mengapa hal ini bisa terjadi? Apakah benar ini ada hubungannya dengan kejadian yang pernah saya lakukan itu? Adakah cara supaya organ intim saya tidak mengeluarkan gas lagi? Saya pernah membaca sebuah majalah dan di sana disebutkan bahwa organ intim perempuan juga bisa mengalami disfungsi. Apakah buang gas dari Miss V seperti yang saya alami termasuk salah satu gangguan tersebut? Terima kasih. - Maya, Jakarta

Dr Luky Satria, SpOG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan Brawijaya Women & Children Hospital mengatakan:

Anda tak perlu khawatir. Miss V memang kadang bisa mengeluarkan gas. Dalam dunia kedokteran hal ini dinamakan vaginal flatulence. Biasanya Miss V akan mengeluarkan gas pada saat seorang perempuan melakukan hubungan seksual. Hal ini bukanlah suatu kelainan.

Perlu juga diketahui, gas yang keluar dari Miss V tersebut berbeda dengan buang gas yang biasa keluar melalui anus. Gas yang keluar dari Miss V tersebut tidak berbau. Namun, jika gas yang keluar dari Miss V tersebut mengeluarkan bau, berarti kemungkinan besar terdapat hubungan antara Miss V dan rektum (fistula rektovagina). Hal ini bisa terjadi akibat adanya komplikasi operasi atau karena proses persalinan.

Mengenai kondisi yang dialami Maya, saat Miss V mengeluarkan gas di luar aktivitas seksual sebenarnya merupakan hal yang jarang terjadi. Namun, hal ini tidak ada hubungannya dengan kejadian memasukkan jari ke dalam Miss V yang pernah Anda lakukan di masa lalu.

Meskipun begitu, Anda juga tidak usah merasa khawatir karena hal ini bukanlah suatu disfungsi Miss V. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan buang gas melalui Miss V. Salah satunya adalah dengan melakukan senam kegel yang bisa membantu mengencangkan otot panggul sehingga bisa mencegah masuknya udara ke dalam Miss V.

(Majalah Chic, Kompas,Senin, 13/9/2010)