Cokelat, Si Penuh Manfaat

Selain rasanya yang luar biasa, cokelat ternyata banyak manfaat. Menurut penelitian yang dipublikasikan Asosiasi Jantung Amerika, mengonsumsi sebatang cokelat setiap hari dapat menurunkan tekanan darah dan memperbaiki daya tahan insulin.

Sementara bagi perokok berat, mengonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate ternyata bisa mengcegah penyakit jantung. Rasanya yang sangat pahit memang membuat yang memakannya meringis. Tapi di balik itu, menurut peneliti dari Universitas Zurich, Swiss, yang dipublikasikan jurnal kesehatan Inggris, Heart, pada cokelat hitam terdapat kandungan kokoa yang sangat tinggi, sekitar 75 persen, yang dapat memperbaiki sirkulasi darah secara signifikan.

Pengujian serupa juga dilakukan pada cokelat putih, tapi kandungan kokoanya yang rendah tidak bergitu berperan dalam memperbaiki sirkulasi darah para perokok. Cokelat hitam juga mengurangi risiko perokok dengan tingkat stres oksidatif tinggi.

Bila mengonsumsi 40 gram cokelat hitam, efeknya akan berlangsung hingga 8 jam. Selain itu, juga akan memicu peningkatan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh dan mengurangi penggumpalan darah yang sering menimpa para perokok. Jadi? Ayo makan cokelat!

Sumber : CHIC,  Kamis, 24 Juli 2008